Cari Blog Ini

Kamis, 28 Juli 2011

7 Tips Membuat Desain Poster Yang Efektif

Sebagai media yang sederhana poster mengkomunikasikan informasi penting tentang sebuah produk atau acara.dan biasanya paling dicari setelah proyek terbentuk atau berlangsung.
Membuat poster dimulai dari sebuah halaman / lembar kerja kosong adalah pekerjaan yang mudah bagi seorang desainer. Ini bisa menjadi inspirasi hanya dengan melihat dan membayangkan pada sebuah halaman kosong tersebut. Tapi pada saat waktu yang bersamaan, itu juga bisa menjadi sumber frustasi jika anda tidak tahu untuk memulainya!
Berikut 7 tips dalam membuat desain poster yang efektif.

1. Mencari / Mendapatkan Perhatian

Untuk terlebih dahulu tentukanlah sebuah foto yang bagus atau elemen grafis lainnya untuk bekerja di sekitar ruang poster tersebut. Banyak desainer memilih untuk menggunakan citra yang sangat grafis, namun terkadang sebuah citra dapat mengganggu untuk mendapatkan poster tersebut diperhatikan.
Hal lainnya, anda bisa pergunakan banyak ruang kosong untuk memiliki dampak yang berbeda selama bekerja. anda juga dapat menggunakan pertanyaan provokatif dengan menggunakan font tebal, untuk membuat orang berhenti dan kembali melihat poster tersebut.
Langkah awal sangat penting bagi poster, karena elemen inilah yang akan anda bangun untuk orang lain.

2. Buatlah Sederhana Mungkin

Banyak orang tidak ingin melihat sebuah poster yang berisi terlalu banyak teks yang mereka harus baca baris demi baris! Ini tidak pernah menjadi suatu ide yang bagus dengan membuat teks yang terlalu banyak pada sebuah poster.
Dengan menggunakan warna dan elemen grafis, tempatkanlah ide-ide anda. anda bisa sedikit menyingkat sebuah informasi dengan memberikan alamat situs / url kepada pembaca untuk dapat melihat rincian. gunakanlah media internet tersebut sebagai pendukung tambahan proyek anda.

3. Gunakan Font Besar (Prioritas menengah)

Anda bisa menggunakan font yang unik atau bisa juga dengan membuat font anda sendiri. Tapi pada saat yang sama, janganlah menggunakan font yang muncul begitu mencolok, sehingga akan menimbulkan kesan yang kurang baik.
Misalnya Font sans-serif adalah font besar bagi garis kepala. jangan menggunakan berbagai font terlalu banyak pada poster, ini dapat memiliki dampak akhir yang berantakan.

4. Pikirkan Pembaca Informasi

Untuk menjadikannya sebuah informasi, mulailah membuat poster dengan bagian yang paling penting atas informasi tersebut dan menindaklanjuti dari statistik prioritas yang lebih rendah, yang tidak lain adalah logika polos dan sederhana.
Tempatkan informasi sedemikian rupa sehingga mata mengikuti salah satu bagian informasi menuju ke daerah bawah poster.

5. Pemilihan Warna Yang Tepat

Warna mempunyai efek yang begitu kuat karena langsung beradu dengan mata. oleh karena itu pilihan skema warna merupakan hal yang sangat penting.
Pelajarilah teori warna jika anda belum tahu dengan baik. anda bisa juga menggunakan pallette warna untuk desain poster jika anda tidak yakin. Gunakanlah citra untuk mendapatkan pujian terhadap nada warna.

6. Pikirkan Simetri

Ini mengenai keseimbangan desain poster yang bersangkutan dan merupakan salah satu kesalahan banyak desainer yang membuat posternya tidak mendapatkan perhatian. Janganlah membuat salah satu ujung poster terlalu ‘BERAT’ dengan informasi.
Aturlah keseluruhan desain menjadi dua bagian dan mengevaluasi pentingnya masing-masing!

7. Menyalahi Aturan

Pada saat anda membuat sebuah poster jika anda melanggar atau menyalahi aturan yang telah kami sebutkan, Apakah yang menurut anda paling penting dan bagaimana aturan yang baik sehingga anda dapat menyalahi aturan tersebut menjadi lebih baik?!
Kami berharap artikel ini dapat  menunjukkan arah yang benar kepada anda ke di mana desain poster yang bersangkutan.
Good luck!

Tidak ada komentar: