Cari Blog Ini

Kamis, 28 Juli 2011

7 Tips Membuat Desain Poster Yang Efektif

Sebagai media yang sederhana poster mengkomunikasikan informasi penting tentang sebuah produk atau acara.dan biasanya paling dicari setelah proyek terbentuk atau berlangsung.
Membuat poster dimulai dari sebuah halaman / lembar kerja kosong adalah pekerjaan yang mudah bagi seorang desainer. Ini bisa menjadi inspirasi hanya dengan melihat dan membayangkan pada sebuah halaman kosong tersebut. Tapi pada saat waktu yang bersamaan, itu juga bisa menjadi sumber frustasi jika anda tidak tahu untuk memulainya!
Berikut 7 tips dalam membuat desain poster yang efektif.

1. Mencari / Mendapatkan Perhatian

Untuk terlebih dahulu tentukanlah sebuah foto yang bagus atau elemen grafis lainnya untuk bekerja di sekitar ruang poster tersebut. Banyak desainer memilih untuk menggunakan citra yang sangat grafis, namun terkadang sebuah citra dapat mengganggu untuk mendapatkan poster tersebut diperhatikan.
Hal lainnya, anda bisa pergunakan banyak ruang kosong untuk memiliki dampak yang berbeda selama bekerja. anda juga dapat menggunakan pertanyaan provokatif dengan menggunakan font tebal, untuk membuat orang berhenti dan kembali melihat poster tersebut.
Langkah awal sangat penting bagi poster, karena elemen inilah yang akan anda bangun untuk orang lain.

2. Buatlah Sederhana Mungkin

Banyak orang tidak ingin melihat sebuah poster yang berisi terlalu banyak teks yang mereka harus baca baris demi baris! Ini tidak pernah menjadi suatu ide yang bagus dengan membuat teks yang terlalu banyak pada sebuah poster.
Dengan menggunakan warna dan elemen grafis, tempatkanlah ide-ide anda. anda bisa sedikit menyingkat sebuah informasi dengan memberikan alamat situs / url kepada pembaca untuk dapat melihat rincian. gunakanlah media internet tersebut sebagai pendukung tambahan proyek anda.

4 Aksesoris Penting Dalam Fotografi

Fotografi telah banyak digunakan untuk bisnis, ilmu pengetahuan, manufaktur, seni,  dan tujuan yang tak lain adalah rekreasi. Dunia fotografi memang bukan sebuah hal yang baru, namun satu hal yang menakjubkan dari foto yang paling spektakuler yang dibuat di tempat yang paling tidak biasa sekalipun, bisa mengubah hobi menjadi profesi.  Ini akan sungguh menyenangkan apalagi jika anda sudah kecanduan.
Dan kini banyak fotografer memilih dan memiliki aksesoris penting untuk dibawa pada saat bepergian sebagai alat pendukung proyek atau untuk alat bantu dalam berbagai pengambilan gambar. Sebagai seorang pemula, paling tidak ada beberapa daftar aksesoris penting untuk anda miliki.
4 aksesoris penting dalam fotografi 4 Aksesoris Penting Dalam Fotografi
Photo Credit

1. Tripod/ Membeli Tripod

Mungkin sulit bagi anda untuk memegang kamera dengan posisi yang baik. Apalagi jika anda berada di tempat dataran tinggi atau pegunungan. Ini tentu akan sulit,terutama bagi yang belum terbiasa dengan kamera.
Bagaimanapun juga, Kaki tiga atau Tripod diawal tips ini masih tetap populer. dengan fungsi mempertahankan stabilitas atau untuk mengurangi noise yang ditimbulkan oleh guncangan tangan anda, maka akan membantu menghasilkan suatu penangkapan gambar yang bagus terutama pada saat mengambil eksposur long shutter.

2.  Kit Pembersih / Pembersih lensa

Kit pembersih sangat dianjurkan bagi pengguna DSLR ataupun kamera yang mendukung berbagai lensa sebagai produk pembersih tambahan untuk membersihkan debu-debu halus /melindungi kondisi eksterior dari kerusakan. Dan saat ini, telah banyak kamera yang sudah dilengkapi dengan tool kit/kit pembersih.
Jadi, pastikan anda memberikan perawatan yang tepat untuk gadget anda dan dalam waktu kedepan, anda tidak perlu khawatir lagi mengenai kerusakan lensa.

Rabu, 27 Juli 2011

10 Famous Graphic Designers

Image Hosting 

If you are a graphic designer, you must to knows they are as a famous graphic designers, this is the 10 famous graphic designers you must to knows:
1. Giambattista Bodoni – 1740-1813- He started with printmaking but is most known for designing and engraving typefaces. You might recognize the typeface Bodoni.
Image Hosting
2. Neville Brody – He started in record cover design but became well known as the Art Director for Face Magazine, and typefaces.
3. David Carson – Known as the “Father of Grunge“. He became famous by breaking all the rules of Graphic Design and developing his own signature style.
4. William Caslon – 1692-1766 – Caslon started out as an engraver of gun locks and barrels, and as a bookbinder’s tool cutter but is known for his typefaces.
5. Milton Glaser – He is best known for his “I Love New York” logo. He is also the founder of New York Magazine.
6. Jonathan Ive – He is internationally renowned as the principal designer of the iMac. He is considered one of the best in industrial design.
7. Aldus Manutius – 1449-1515 – Started as a printer and publisher but famous for inventing italic type.
8. William Morris – 1834-1896 – Morris was an architect, poet, textile designer, and writer, but was most famous for designing unique wallpaper. He also developed typefaces.
9. Wally Olins – He is mostly known for his experience in corporate identity and branding.
10. Paul Rand – 1914-1996 -He was best known for his logo designs, including IBM and UPS and NBC.
sumber: http://adhietblog.co.cc

Google+



Google ngumumin Google+, upaya berikutnya di jejaring sosial.
Pada dasarnya, Google+ adl penggabungan dr beberapa layanan yg mungkin udah kita pake juga. menurut Google idenya adl utk melakukan hal serupa tapi lebih baik.


Circle

Circle - kelompok kontak/kenalan
Circle adl kelompok dr kontak kita yg bisa dibagi dg topik : teman, keluarga, yg kita follow dll.
kita tinggal drag en drop kontak kita ke kelompok-kelompok yg bisa kita atur sendiri, tujuannya supaya lebih mudah utk berbagi apa yg kita pengen dg kelompok dr kontak mana aja yg kita mau.





Sparks

Sparks - konten menarik berdasarkan minat
Sparks seperti Google Reader, nampilin konten secara otomatis berdasarkan minat kita sendiri misalnya graphic design, sate kucing or apa pun. tiap topik bakal mendapatkan halaman sendiri yg isinya link ke artikel terkait, video, foto, dsb...





Hangouts

Hangouts - video chatting sama semua kontak
Hangouts adl room virtual di mana kita bisa video chatting sama kontak-kontak yg ada dlm Circle kita. Jadi, pd dasarnyasih itu hanya video chat lah.





Huddles

Huddles - applikasi group messaging
Huddles adl group messaging utk kotak-kontak yg ada di dlm Circle kita. applikasi ponselnya jg ada utk Android sekarang yg memungkinkan kita ngirim pesan dari telepon kayak BBM or WhatsApp lah.

Instant Upload - upload foto scr langsung dr ponsel
kalo kita jepret foto dr ponsel Android, secara otomatis di upload ke Google+.

Gimana kita masuk ke Google+ ?
utk sekarang kalo mau sign up Google+ cuma bisa lewat undangan aja. kita bisa ngunjungin Google+ utk minta undangannya, isi en kirim nama pertama en alamat email trus Google akan ngasi undangan utk gabung dg Google+ project.

Selasa, 26 Juli 2011

Komunikasi dalam Desain Grafis : PENTINGKAH!?

Kenyataan bahwa ternyata masih banyak sekali desainer grafis yang melupakan komunikasi sebagai salah satu elemen vital dalam desain grafis akhirnya melecut saya untuk menulis artikel ini. Yup! meski tentu saja yang paham betul masalah cara berkomunikasi dengan baik melalui visual adalah desainer yang berangkat dari sekolah-sekolah desain. Namun tak ada salahnya, saya yang otodidak ini mencoba berbagi apa yang saya tahu tentang hal ini.

Apa hubungannya komunikasi dengan desain grafis!? Tentu saja sangat berhubungan! Ibarat orang yang jual obat, ngomong panjang lebar (komunikasi)kepada calon konsumen yang berkumpul didepannya, dan berharap mereka tertarik untuk membeli obatnya. Begitu juga halnya dengan desainer grafis. Hanya saja sedikit berbeda..desainer grafis berkomunikasi melalui media visual atau gambar.

Namun, meskipun punya peran vital dalam desain grafis, banyak desainer yang sering mengabaikan hal ini. Mereka terlalu terfokus kepada estetika (seni dan keindahan) dan seringkali mengesampingkan komunikasi. Mereka mencoba mempesona pembaca visualnya dengan menambah shadow (yang tidak pada tempatnya) pada text, membuat karya mereka penuh dengan berbagai macam illustrasi, sehingga malah mengaburkan poin penting yang seharusnya menjadi titik fokus.

contoh iklan kreatif dalam penyampaian pesan

Nah, kalau sudah seperti itu..tidak ada bedanya desainer grafis dengan non-desainer grafis. Seorang pemilik usaha misalnya, mencoba mendesain sendiri pamflet tokonya. Namun dia tak pernah tau cara berkomunikasi secara visual. Yang terjadi kemudian bisa ditebak..dia memperbesar semuanya, dari mulai logo usahanya, jasa-jasa yang ditawarkan, sampai pada alamat dan nomor telefon. Dengan harapan, karena dibesarkan..maka pesan bisa sampai ke pembaca visual dengan efektif.

Tapi apakah itu efektif!? Jawabannya sama sekali tidak!

Pembaca visual malah jadi bingung. Yang mana yang mau dibaca duluan (karena semuanya besar-besar). Tidak mungkin membaca sekaligus semuanya dalam satu waktu. Selain itu, sebuah karya grafis yang terlalu sesak juga akan membuat pembaca visual menjauh, tidak ada titik fokus, dan tampil tidak profesional. Oleh karena itu, sering ada ungkapan dikalangan desainer grafis : "jika semuanya besar, maka semuanya akan terlihat kecil".

Mungkin sedikit pengenalan mengenai arti penting komunikasi dalam desain grafis ini dapat bermanfaat. Dan desainer grafis dapat lebih dihargai karya dan kemampuannya.
Wassalam genk..

Kumpulan Majalah Desain Grafis dan Seni Visual sebagai Rekomendasi Bacaan

Mudahnya mencari sumber informasi dan edukasi via internet saat ini memang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup dari media-media cetak, termasuk yang mengulas seputar desain grafis dan seni visual. Tidak semua media sanggup bertahan. Beberapa harus segera gulung tikar dan menghilang dari peredaran. Yang masih eksis selalu dituntut untuk menyajikan yang terbaik dan berbeda dari yang lain. Berikut adalah beberapa majalah grafis offline baik dari luar maupun dalam negeri sebagai rekomendasi bacaan dan bahan pembelajaran. :)



1) HOW Magazine

How adalah majalah yang bertujuan untuk membantu desainer dalam memecahkan setiap masalah dalam berkarya. Terlepas dari dimana mereka bekerja, untuk agency atau freelance. Didirikan pada tahun 1985, sekarang How telah menjadi penyelenggara event desain, lomba desain, seminar produk digital dan buku rutin setiap tahunnya untuk profesional desain.


2) Advance Photoshop

Advanced Photoshop menjamin bahwa akan selalu ada sesuatu yang baru setiap edisinya. Advanced Photoshop adalah majalah yang sempurna untuk memperdalam keterampilan Photoshop dan ditujukan untuk profesional. Setiap bulannya, Kamu dapat memiliki kesempatan untuk teknik dan keterampilan dengan sekelompok pengguna photoshop kreatif lainnya dari berbagai belahan dunia.


3) Communication Arts

Communication Arts adalah majalah jurnal terkemuka untuk komunikasi visual. Menampilkan poin-poin penting dalam pekerjaan di desain grafis, periklanan, ilustrasi, fotografi dan desain interaktif. Communication Arts menjadi majalah publikasi terkemuka yang mencakup semua aspek komunikasi visual.


4) Computer Arts

Computer Arts berisi saran profesional pada penciptaan seni digital dan ilustrasi. Computer Arts merupakan majalah untuk seniman digital dan desainer, menawarkan penjelasan yang kuat dari tutorial dan setiap pemecahan permasalahan, mulai dari manipulasi foto dengan Photoshop sampai membuat gambar vektor menakjubkan dengan Illustrator. Anda juga akan menemukan segudang tips dan trik untuk web desain, tipografi, 3D, animasi, dan multimedia. Sebuah referensi yang bagus berisi nasihat-nasihat dari para profesional.


5) Digital Arts

Digital Art adalah majalah terkemuka di Inggris untuk profesional kreatif, baik di media cetak maupun online. Digital Arts menyediakan konten yang relevan dan konsisten menjalankan ulasan eksklusif serta fitur yang berbeda dari majalah lain atau situs sejenis.


6) Layers Magazine

Setiap halamannya berisi tutorial - tutorial untuk Illustrator, InDesign, Photoshop, GoLive, Acrobat, After Effects, Premiere Pro, Dreamweaver dan Flash. Semua rahasia teknik Adobe yang begitu luar biasa disajikan ulasannya dengan sangat menarik melalui majalah ini.


7) Net

Net adalah majalah terkemuka untuk kategori desain dan pengembangan web. Selain fitur dan berita yang berbobot, Net juga menyediakan lebih dari 30 halaman berisi artikel tentang permasalahan-permasalahan serta tutorial-tutorial yang meliputi topik-topik seperti CSS, PHP, Flash, JavaScript, web grafis, dan banyak lagi.


8) Photoshop Creative

Photoshop Creative adalah majalah yang sempurna untuk belajar lebih lanjut tentang Photoshop. Setiap isu dan inspirasi dikemas dengan tutorial yang mencakup lingkup tehnik penggunaan Photoshop. Photoshop Creative akan membantu Kamu menjadi seniman digital dan pengguna Photoshop yang lebih baik.


9) Web Designer

Web Designer adalah majalah untuk materi iklan online yang ditujukan untuk industri profesional. Setiap bulannya menampilkan isu-isu tekhnologi terbaru yang mencakup XHTML, CSS, Flash dan Wordpress serta fitur hosting dan wawancara dengan orang-orang yang paling berpengaruh di komunitas web. Juga disediakan bonus CD untuk para pembacanya.


10) Concept

Majalah Concept merupakan salah satu majalah desain grafis Indonesia yang diterbitkan 2 bulan sekali oleh PT Concept Media untuk memenuhi kebutuhan informasi desain grafis dan referensi yang bermutu serta sumber inspirasi bagi para desainer grafis, creative director, art director dan semua insan kreatif yang berkecimpung di dunia desain grafis dan komunikasi visual.


11) Versus

Versus adalah majalah desain grafis Indonesia yang baru diluncurkan tahun 2008. Majalah ini terbit 2 bulan sekali dengan berbagai konten mengenai perkembangan desain grafis yang menarik. Namun sayangnya majalah ini hanya terbit dalam versi cetak dan tidak dapat kita nikmati secara online.


12) Babyboss

Babyboss adalah majalah kreatif dari Indonesia dengan gaya visual yang kuat. Babyboss juga dirancang dengan konsep editorial yang dinamis dan menghibur. Secara umum, majalah ini menyajikan showcase menarik dari seniman-seniman digital dengan beragam gaya visual.

Minggu, 24 Juli 2011

9 Tips dalam Mengelola Toko Online

Mari sukses bersama menjadi pengusaha di dunia maya atau biasa disebut dengan Pengusaha Online!
Boleh menjadi pengusaha dengan menjual produk jasa di internet, menjual produk digital di internet, menjual produk fisik di internet, atau bisa juga menjadi pemilik website iklan seperti web iklan jual – beli property, web iklan jual – beli mobil dsb.
Tips dalam Mengelola Toko Online 9 Tips dalam Mengelola Toko Online
Kali ini saya akan membahas bagaimana kalau kita menjadi pengusaha Toko Online, Bagaimana cara mengelolanya ketika sudah mempunyai banyak pengunjung / banyak traffic dan ingin merubahnya menjadi Profit yang tinggi?
Nah, inilah 9 Tips dalam Mengelola Toko Online untuk mendapatkan profit tinggi:
  • 1. Rajin update produk terbaru | Jurus inilah yang menjadikan Pak Irwanto Jo sebagai miliader pemilik website www.tanah-abang.com, websitenya bisa bersaing dengan website lain karena rajin update produk setiap hari.
  • 2. Jual produk yang unik, exclusive yang banyak dicari orang dan jarang dijual orang lain | misalnya jual sepatu berkualitas dan terdapat lukisan tangan yang gambarnya bisa dipesan oleh calon pembeli, ini merupakan unik dan langka, jika anda menjual sepatu seperti ini biasanya akan ada banyak pemesan dari berbagai daerah di indonesia dan bahkan sampai ke luar negeri.
  • 3. Pemberian Special Price | Pemberian harga khusus ini untuk meningkatkan penjualan, misal pemberian harga khusus dalam rangka hari valentine dsb.
  • 4. Pemberian Bonus atau Fasilitas Gratis | contoh Beli 2 Bonus 1, Buy 1 Get 1 Free, Gratis Ongkos Kirim, Gratis Instalasi dll
  • 5. Sebisa mungkin menerima segala macam bentuk pembayaran | Pembayaran bisa dilakukan transfer bank, kartu kredit, paypal dsb.
  • 6. Jangan terlalu banyak Form yang harus diisi dan membuat pusing calon pembeli | usahakan pegisian secara singkat dan cepat saja, dan mohon dibantu dengan pelayanan customer service anda.
  • 7. Menjaga pelayanan dengan baik, melalui YM atau telp. | Hadapi komplain dengan ramah, mereka adalah pembeli yang bisa melakukan repeat order lagi atau pembelian ulang lagi.
  • 8. Design Header yang menarik | usahakan tampilan header yang menarik yang bisa meningkatkan citra anda lebih profesional dan lebih terpercaya.
  • 9. Gunakan design web yang bisa Multi Bahasa dan Kurs 2 Mata Uang minimal Rupiah (Rp) dan Dollar Amerika (US$) | Ini sangat perlu karena anda ingin meningkatkan profit dan penjualan sampai ke luar negeri, seperti yang dilakukan www.tanah-abang.com
Dalam menjalankan Toko Online, masalah produk ini tidak harus produk kita sendiri melainkan bisa produk orang lain, bisa produk toko lain, bisa produk perusahaan lain, atau bisa produk siapa saja yang mau kita bantu untuk kita jualkan di internet dan kita sebagai marketer atau pemilik Toko Online-nya akan mendapatkan fee hasil penjualan tersebut.