Cari Blog Ini

Selasa, 26 Juli 2011

Komunikasi dalam Desain Grafis : PENTINGKAH!?

Kenyataan bahwa ternyata masih banyak sekali desainer grafis yang melupakan komunikasi sebagai salah satu elemen vital dalam desain grafis akhirnya melecut saya untuk menulis artikel ini. Yup! meski tentu saja yang paham betul masalah cara berkomunikasi dengan baik melalui visual adalah desainer yang berangkat dari sekolah-sekolah desain. Namun tak ada salahnya, saya yang otodidak ini mencoba berbagi apa yang saya tahu tentang hal ini.

Apa hubungannya komunikasi dengan desain grafis!? Tentu saja sangat berhubungan! Ibarat orang yang jual obat, ngomong panjang lebar (komunikasi)kepada calon konsumen yang berkumpul didepannya, dan berharap mereka tertarik untuk membeli obatnya. Begitu juga halnya dengan desainer grafis. Hanya saja sedikit berbeda..desainer grafis berkomunikasi melalui media visual atau gambar.

Namun, meskipun punya peran vital dalam desain grafis, banyak desainer yang sering mengabaikan hal ini. Mereka terlalu terfokus kepada estetika (seni dan keindahan) dan seringkali mengesampingkan komunikasi. Mereka mencoba mempesona pembaca visualnya dengan menambah shadow (yang tidak pada tempatnya) pada text, membuat karya mereka penuh dengan berbagai macam illustrasi, sehingga malah mengaburkan poin penting yang seharusnya menjadi titik fokus.

contoh iklan kreatif dalam penyampaian pesan

Nah, kalau sudah seperti itu..tidak ada bedanya desainer grafis dengan non-desainer grafis. Seorang pemilik usaha misalnya, mencoba mendesain sendiri pamflet tokonya. Namun dia tak pernah tau cara berkomunikasi secara visual. Yang terjadi kemudian bisa ditebak..dia memperbesar semuanya, dari mulai logo usahanya, jasa-jasa yang ditawarkan, sampai pada alamat dan nomor telefon. Dengan harapan, karena dibesarkan..maka pesan bisa sampai ke pembaca visual dengan efektif.

Tapi apakah itu efektif!? Jawabannya sama sekali tidak!

Pembaca visual malah jadi bingung. Yang mana yang mau dibaca duluan (karena semuanya besar-besar). Tidak mungkin membaca sekaligus semuanya dalam satu waktu. Selain itu, sebuah karya grafis yang terlalu sesak juga akan membuat pembaca visual menjauh, tidak ada titik fokus, dan tampil tidak profesional. Oleh karena itu, sering ada ungkapan dikalangan desainer grafis : "jika semuanya besar, maka semuanya akan terlihat kecil".

Mungkin sedikit pengenalan mengenai arti penting komunikasi dalam desain grafis ini dapat bermanfaat. Dan desainer grafis dapat lebih dihargai karya dan kemampuannya.
Wassalam genk..

Kumpulan Majalah Desain Grafis dan Seni Visual sebagai Rekomendasi Bacaan

Mudahnya mencari sumber informasi dan edukasi via internet saat ini memang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup dari media-media cetak, termasuk yang mengulas seputar desain grafis dan seni visual. Tidak semua media sanggup bertahan. Beberapa harus segera gulung tikar dan menghilang dari peredaran. Yang masih eksis selalu dituntut untuk menyajikan yang terbaik dan berbeda dari yang lain. Berikut adalah beberapa majalah grafis offline baik dari luar maupun dalam negeri sebagai rekomendasi bacaan dan bahan pembelajaran. :)



1) HOW Magazine

How adalah majalah yang bertujuan untuk membantu desainer dalam memecahkan setiap masalah dalam berkarya. Terlepas dari dimana mereka bekerja, untuk agency atau freelance. Didirikan pada tahun 1985, sekarang How telah menjadi penyelenggara event desain, lomba desain, seminar produk digital dan buku rutin setiap tahunnya untuk profesional desain.


2) Advance Photoshop

Advanced Photoshop menjamin bahwa akan selalu ada sesuatu yang baru setiap edisinya. Advanced Photoshop adalah majalah yang sempurna untuk memperdalam keterampilan Photoshop dan ditujukan untuk profesional. Setiap bulannya, Kamu dapat memiliki kesempatan untuk teknik dan keterampilan dengan sekelompok pengguna photoshop kreatif lainnya dari berbagai belahan dunia.


3) Communication Arts

Communication Arts adalah majalah jurnal terkemuka untuk komunikasi visual. Menampilkan poin-poin penting dalam pekerjaan di desain grafis, periklanan, ilustrasi, fotografi dan desain interaktif. Communication Arts menjadi majalah publikasi terkemuka yang mencakup semua aspek komunikasi visual.


4) Computer Arts

Computer Arts berisi saran profesional pada penciptaan seni digital dan ilustrasi. Computer Arts merupakan majalah untuk seniman digital dan desainer, menawarkan penjelasan yang kuat dari tutorial dan setiap pemecahan permasalahan, mulai dari manipulasi foto dengan Photoshop sampai membuat gambar vektor menakjubkan dengan Illustrator. Anda juga akan menemukan segudang tips dan trik untuk web desain, tipografi, 3D, animasi, dan multimedia. Sebuah referensi yang bagus berisi nasihat-nasihat dari para profesional.


5) Digital Arts

Digital Art adalah majalah terkemuka di Inggris untuk profesional kreatif, baik di media cetak maupun online. Digital Arts menyediakan konten yang relevan dan konsisten menjalankan ulasan eksklusif serta fitur yang berbeda dari majalah lain atau situs sejenis.


6) Layers Magazine

Setiap halamannya berisi tutorial - tutorial untuk Illustrator, InDesign, Photoshop, GoLive, Acrobat, After Effects, Premiere Pro, Dreamweaver dan Flash. Semua rahasia teknik Adobe yang begitu luar biasa disajikan ulasannya dengan sangat menarik melalui majalah ini.


7) Net

Net adalah majalah terkemuka untuk kategori desain dan pengembangan web. Selain fitur dan berita yang berbobot, Net juga menyediakan lebih dari 30 halaman berisi artikel tentang permasalahan-permasalahan serta tutorial-tutorial yang meliputi topik-topik seperti CSS, PHP, Flash, JavaScript, web grafis, dan banyak lagi.


8) Photoshop Creative

Photoshop Creative adalah majalah yang sempurna untuk belajar lebih lanjut tentang Photoshop. Setiap isu dan inspirasi dikemas dengan tutorial yang mencakup lingkup tehnik penggunaan Photoshop. Photoshop Creative akan membantu Kamu menjadi seniman digital dan pengguna Photoshop yang lebih baik.


9) Web Designer

Web Designer adalah majalah untuk materi iklan online yang ditujukan untuk industri profesional. Setiap bulannya menampilkan isu-isu tekhnologi terbaru yang mencakup XHTML, CSS, Flash dan Wordpress serta fitur hosting dan wawancara dengan orang-orang yang paling berpengaruh di komunitas web. Juga disediakan bonus CD untuk para pembacanya.


10) Concept

Majalah Concept merupakan salah satu majalah desain grafis Indonesia yang diterbitkan 2 bulan sekali oleh PT Concept Media untuk memenuhi kebutuhan informasi desain grafis dan referensi yang bermutu serta sumber inspirasi bagi para desainer grafis, creative director, art director dan semua insan kreatif yang berkecimpung di dunia desain grafis dan komunikasi visual.


11) Versus

Versus adalah majalah desain grafis Indonesia yang baru diluncurkan tahun 2008. Majalah ini terbit 2 bulan sekali dengan berbagai konten mengenai perkembangan desain grafis yang menarik. Namun sayangnya majalah ini hanya terbit dalam versi cetak dan tidak dapat kita nikmati secara online.


12) Babyboss

Babyboss adalah majalah kreatif dari Indonesia dengan gaya visual yang kuat. Babyboss juga dirancang dengan konsep editorial yang dinamis dan menghibur. Secara umum, majalah ini menyajikan showcase menarik dari seniman-seniman digital dengan beragam gaya visual.

Minggu, 24 Juli 2011

9 Tips dalam Mengelola Toko Online

Mari sukses bersama menjadi pengusaha di dunia maya atau biasa disebut dengan Pengusaha Online!
Boleh menjadi pengusaha dengan menjual produk jasa di internet, menjual produk digital di internet, menjual produk fisik di internet, atau bisa juga menjadi pemilik website iklan seperti web iklan jual – beli property, web iklan jual – beli mobil dsb.
Tips dalam Mengelola Toko Online 9 Tips dalam Mengelola Toko Online
Kali ini saya akan membahas bagaimana kalau kita menjadi pengusaha Toko Online, Bagaimana cara mengelolanya ketika sudah mempunyai banyak pengunjung / banyak traffic dan ingin merubahnya menjadi Profit yang tinggi?
Nah, inilah 9 Tips dalam Mengelola Toko Online untuk mendapatkan profit tinggi:
  • 1. Rajin update produk terbaru | Jurus inilah yang menjadikan Pak Irwanto Jo sebagai miliader pemilik website www.tanah-abang.com, websitenya bisa bersaing dengan website lain karena rajin update produk setiap hari.
  • 2. Jual produk yang unik, exclusive yang banyak dicari orang dan jarang dijual orang lain | misalnya jual sepatu berkualitas dan terdapat lukisan tangan yang gambarnya bisa dipesan oleh calon pembeli, ini merupakan unik dan langka, jika anda menjual sepatu seperti ini biasanya akan ada banyak pemesan dari berbagai daerah di indonesia dan bahkan sampai ke luar negeri.
  • 3. Pemberian Special Price | Pemberian harga khusus ini untuk meningkatkan penjualan, misal pemberian harga khusus dalam rangka hari valentine dsb.
  • 4. Pemberian Bonus atau Fasilitas Gratis | contoh Beli 2 Bonus 1, Buy 1 Get 1 Free, Gratis Ongkos Kirim, Gratis Instalasi dll
  • 5. Sebisa mungkin menerima segala macam bentuk pembayaran | Pembayaran bisa dilakukan transfer bank, kartu kredit, paypal dsb.
  • 6. Jangan terlalu banyak Form yang harus diisi dan membuat pusing calon pembeli | usahakan pegisian secara singkat dan cepat saja, dan mohon dibantu dengan pelayanan customer service anda.
  • 7. Menjaga pelayanan dengan baik, melalui YM atau telp. | Hadapi komplain dengan ramah, mereka adalah pembeli yang bisa melakukan repeat order lagi atau pembelian ulang lagi.
  • 8. Design Header yang menarik | usahakan tampilan header yang menarik yang bisa meningkatkan citra anda lebih profesional dan lebih terpercaya.
  • 9. Gunakan design web yang bisa Multi Bahasa dan Kurs 2 Mata Uang minimal Rupiah (Rp) dan Dollar Amerika (US$) | Ini sangat perlu karena anda ingin meningkatkan profit dan penjualan sampai ke luar negeri, seperti yang dilakukan www.tanah-abang.com
Dalam menjalankan Toko Online, masalah produk ini tidak harus produk kita sendiri melainkan bisa produk orang lain, bisa produk toko lain, bisa produk perusahaan lain, atau bisa produk siapa saja yang mau kita bantu untuk kita jualkan di internet dan kita sebagai marketer atau pemilik Toko Online-nya akan mendapatkan fee hasil penjualan tersebut.

20 Daftar Situs Distro-Clothing Untuk Pecinta Fashion

Ritel merupakan industri yang dinamis adanya sebuah dinamika hubungan antara barang dan manusia. yakni bahwa barang-barang yang ditawarkan atau dijual akan disentuh atau dibeli apabila barang tersebut diperlukan oleh masayarakat.
Sebagai alat pendukung atau alat promosi, peritel membuat dan merancang sebuah situs untuk online store dan beberapa diantaranya menyediakan jasa “ Free Shipping”. ini memudahkan anda dalam menentukan pilihan  dan pembelian secara online sehingga menghemat waktu tanpa harus secara kangsung mengunjungi toko tersebut.
20 daftar situs clothing lokal untuk pecinta fashion 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion
Photo Credit
Berikut 20 daftar situs clothing lokal yang beberapa diantara para peritel tidak hanya langsung berfokus kepada produk yang mereka jual, namun mereka pun memperhatikan desain/penampilan websitenya agar menarik pengunjung.

1. Wadezig!

wadezig 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

2. Badger Invaders

badger invaders 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

3. Rockmen Insd

rockmeninsd 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

4. Damn! I Love Indonesia

Damn I love indonesia 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

5. Screamous

Screamous 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

6. 4UL Clothing – Distro

4UL Clothing Distro 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

7. Unkle 347

unkle347 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

8. Evil Army

evil army 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

9. One Way

Oneway Store 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

10. Tendencies

Tendencies 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

11. Bloop – Endorse

bloopendorse 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

12. Oink!

Oink the piggest co 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

13. Tinta Merah

Tintamerah Apparel 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

14. Cosmic

Cosmic clothes 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

15. Invictus

Invictus 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

16. inksomnia streetwear

Inksomnia StreetWear 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

17. Ouval Research

ouval research 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

18. Arena Experience

arena experience 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

19. Rockster

rockster clothing 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

20. Monik House

monik house 20 Daftar Situs Distro Clothing Untuk Pecinta Fashion

Minggu, 17 Juli 2011

Hijab Tutorial #1: Maroko Style

Assalamualaikum..
Hello guys..
This time, I want to show how to wear the hijab ala arabian/ maroco style.. hehe..
I want to share the tutorial, when I attended
dian pelangi's wedding party, and all the hijabers have a theme of  dress.. Yes, the theme is maroco style..
This is my style at that time ..



And now, lets play with our hijab.. ^^
Bismillahirrahmanirrahim..

  1. Take your pashmina, make sure one side is longer
2. Tied behind the head
3. Take the shortest side to the front of the head
4. Pull up to the back of the head

 5. Secure with safety pins
6. Take the longest side
7. Put on the side of the cheek
8. Place it on the corner of the hijab and secure it

 9. Pull the hijab, towards the back of the head
10. Pull up to the front
11. And secure it
12. Done,, and if necessary, add a brooch as a "sweetener".. ^^


 Thank you guys..
i hope you all like it..
and do not be afraid to be creative..
\(^0^) /

Alhamdulillah..
salaam,
love

Senin, 04 Juli 2011

REGGAE Corner

Reggae…Reggae…. dan Reggae…..
Woooyooooo………kata2 ini menjadi akrab di telinga masyarakat belakangan ini. Suatu sapaan untuk para Rastaman dan atau pecinta musik reggae di tanah air.
Dimulai dengan boomingnya lagu Welcome To My Paradise yang dibawakan oleh Steven and The Coconut Trees di tahun 2005-2006, lalu merebaklah wabah Reggae ini ke se-antero Nusantara. Banyak yang tiba2 menjadi “gila” pada musik asli Jamaika ini.
Ada yang menganggap bahwa reggae ini adalah “barang baru”…..padahal tidak seperti itu.
Reggae di Indonesia sudah eksis sejak 1980-an, bahkan saat GOR Pulosari(satu tempat di Malang yang sering menjadi tempat digelarnya konser band2 papan atas Indonesia pada tahun2 tersebut) masih berdiri (dan sekarang karena kebijakan pemerintah kota Malang dijadikan swalayan modern, yang hanya didatangi orang2 berduit) pernah menggelar konser satu band Reggae lawas asli negeri sendiri, yaitu Asian Roots, dan lagu2 Reggae ciptaan Asian Roots yang mereka bawakan, plus dengan lagu2 dari Bob Marley benar2 menghipnotis penonton yang memadati GOR Pulosari tersebut (atau boleh saya bilang Almarhum GOR Pulosari)
Ini hanya satu bukti bahwa Indonesia juga pernah terkena demam Reggae sebelumnya.
Kehadiran Bob Marley dan bandnya The Wailers di tahun 1970-1980 betul2 menjadi banyak inspirasi bagi lahirnya musisi2 Reggae di luar negeri maupun di negeri kita ini.
Tidak bisa dipunkiri memang, rata2 band2 Reggae di Indonesia merasakan besarnya influence yang di bawa oleh The Prophecy of Reggae, Bob Marley. Mulai dari musisi Reggae lawas macam Tony Q, Asian Roots sampai musisi Reggae era masa kini Steven and The Coconut Trees mengakuinya (dan akan terus seperti itu.)
Rambut gimbal atau dreadlock dan aksesori bernuansa merah kuning hijau jadi pertanda dari eksisnya musik reggae. Meskipun belum banyak yang mengerti benar apa arti dari itu semua, but that’s just fine, adalah menjadi panggilan bagi Rastaman dan atau pecinta musik Reggae yang jauh lebih mengerti mengenai arti sebenarnya dari simbol2 tersebut untuk melakukan pendekatan dan menjelaskannya.
Boleh dibilang Steven And The Coconut Trees lah yang kembali menghidupkan kegairahan pada musik Reggae di Indonesia ini. Namun harus diingat kembali, bahwa sebelum ada Steven And The Coconut Trees pun, reggae di Negara kita sudah eksis.
Setelah itu banyak band2 Reggae baru bermunculan, termasuk di kota Singa, Malang ini.
Begitu pula dengan rambut gimbal dan merah kuning hijau, makin banyak dan perlahan tapi pasti menjadi bagian dari masyarakat luas (meskipun masih ada beberapa wong ndeso yang melihat miring/memandang setengah mata)
Well……perkembangan Reggae dan segala tetek bengeknya semoga tidak hanya menjadi trend untuk sekedar pencarian jati diri dan atau suatu usaha untuk tampil beda saja, karena jauh…jauh… di dalam musik Reggae dan segala tetek bengeknya terdapat pesan-pesan positiv.
Selamat menikmati musik Reggae dan cobalah untuk mencari dan mehami pesan2 positiv nya……….
One Love One Heart Peace Forever, Jah Bless
(mohon maaf apabila ada kata2 atau kalimat yang kurang pas dan atau tidak bekenan bagi para pembaca, mengingat penulis hanyalah manusia dengan banyak keterbatasan, trims J ………..Bajie, Malang 18092007 hari Selasa)
penulis: Bajie, penikmat musik Reggae, vokalis Bye-Bye Babylon, penyiar “Musik Rasa Reggae” di Radio Senaputra 97 FM Malang

Aremania

Tahukah anda apa itu Aremania?Bagi penggemar sepakbola tentu tak asing dengan nama tersebut,julukan bagi suporter tim Arema atau Singo Edan asal Malang,Jawa Timur.Kelompok yang tak ada struktur resmi organisasinya ini dua kali memperoleh peghargaan dari PSSI.Pertama,dinobatkan sebagai Suporter Teladan tahun 2000.Yang kedua,dinobatkan sebagai The Best Supporter Copa Indonesia tahun 2006.Sebuaah prestasi yang tidak mudah untuk diraih.Uniknya,kelompok-kelompok suporter lain yang lebih terorganisir rapi dan resmi pula(dalam arti berbadan hukum)belum pernah sekalipun mendapat gelar tersebut,sedangkan Aremania yang sebenarnya OTB(Organisasi Tanpa Bentuk)justru meraih predikat terbaik sebanyak dua kali.
Sebenarnya apa yang membedakan Aremania dengan yang lain? Banyak,itu yang menjadi nilai lebih.Bukan karena saya tinggal di kota Malang lalu menilai terlalu subyektif.Dengarlah pendapat Fajar Putu Arcana,wartawan Kompas.Ia menilai kegilaan publik Malang terhadap sepakbola adalah yang nomor satu di negeri ini.Bahkan,hampir mirip dengan kegilaan fans sepakbola di Eropa.Juga pendapat Andi Yusuf Bachtiar,kontributor tablod BOLA sekaligus insan perfilman.Menurut pria yang sudah melihat langsung bagaimana suporter di Piala Dunia 2002,berbaur langsung dengan suporter klub-klub Amerika Latin dan beberapa negara Eropa ini,Aremania adalah yang the best sampai saat ini.Sampai-sampai ia tertarik untuk membuat film The Conductors yang dibintangi oleh Yuli Sumpil,dirijen suporter Aremania.

Beberapa kalangan seperti mantan Ketua Umum PSSI Agum Gumelar,budayawan Shindunata,dan motivator ulung Gede Prama menyatakan hal yang tak jauh berbeda.Bahkan,menurut pandangan Gede Prama,Aremania bukan sekedar suporter sepakbola.Tetapi merupakan subkultur masyarakat Malang Raya dan sekitarnya yang egaliter,ekstrovert,dan lugas.

Fakta yang tak bisa dibantah,bahwa Aremania mempunyai kelompok-kelompok yang lazim disebut korwil(koordinator wilayah).Mereka tersebar di kampung-kampung(ada korwil Jodipaness,Tongan,Kasin,Gadang,dsb),sekolah/kampus(korwil SMA Nasional,kampus Ummer,kampus putih UMM,Unisma,dsb),kota lain(Blitar,Pasuruan,Bandung,Jakarta,Balikpapan,Denpasar,Batam,dsb),bahkan di negara-negara lain(Jerman,AS,Bekanda,Korsel,Jepang,Hongkong,Malaysia,dsb).Ini yang tidak dijumpai di kelompok lain.

Dan yang menarik pula,komunitas yang tersebar di mana-mana ini bukan hanya warga asal Malang,tetapi juga warga setempat.Seperti Aremania korwil Jerman yang pernah datang ke pertandingan Arema vs Persija di Stadion Kanjuruhan tahun 2006,justru lebih banyak bulenya.Korwil Arema Batavia atau Aremania Jakarta terdiri dari berbagai suku di Indonesia.Atau anda boleh datang sendiri ke pertandingan Arema di Stadion Kanjuruhan atau Stdion Gajayana.Anda akan menemukan fakta bahwa bukan hanya orang Jawa saja yang menonton,tetapi banyak juga orang Madura,Tionghoa,Arab,dan para mahasiswa dari berbagai daerah.Dan nyatanya,tak ada lagu-lagu Aremania yang berbahasa Jawa,semua lagu menggunakan bahasa Indonesia.Ini berbeda dengan kelompok-kelompok suporter di Jawa Timur dan Jawa Tengah pada umumnya.Seperti Pasoepati,Panser Biru,Snex,Slemania,dan lain-lain yang sering bernyanyi menggunakan bahasa Jawa.Menurut saya,inilah bukti bahwa meski mayoritas penonton bersuku Jawa,mereka tidak memaksakan diri untuk "arogan".Pengalaman saya sewaktu menonton pertandingan Persis Solo di Stadion Manahan dan pertandingan PSS Sleman di Mandala Krida dulu,banyak juga warga non-Jawa yang menonton dan ikut bernyanyi.Tetapi mereka akan terdiam tatkala lagu-lagu berbahasa Jawa dinyanyikan.Bisa jadi mereka enggan atau karena tak bisa mengikutinya,bahkan mungkin tak tahu artinya.

Soal militansi dan fanatisme,barangkali hanya bisa ditandingi oleh bonek-suporter Persebaya Surabaya-tetapi soal jumlah jangan ditanya.Rekor rata-rata jumlah penonton per-pertandingan adalah yang terbesar setiap tahunnya di Indonesia.Soal yang satu ini belum ada yang menandingi.Begitu pula soal jumlah suporter yang mengikuti timnya ke pertandingan di kota lain.Tur dalam jumlah lebih dari 50 bus sudah biasa bagi Aremania,apalagi sekedar memborong tiket kereta.Bagi yang berkantong pas-pasan,banyak yang menumpang truk atau kereta barang.Mereka sanggup menahan susah selama dalam perjalanan.Tak sekedar ke Jakarta atau Jogja dan Solo misalnya kelompok yang "mbonek" ini berangkat.Makassar,Bandar Lampung,atau Palembang pernah mereka datangi dengan cara yang "kurang masuk akal tersebut.Lagi-lagi hanya bonek yang menjadi tandingan dalam hal ini.Hanya Aremania lebih beruntung dalam soal citra,karena mereka selalu membeli tiket tatkala masuk stadion manapun di Indonesia.Juga jarang sekali membuat keonaran selama perjalanan berangkat dan pergi.Meski mereka pernah membakar stadion Brawijaya Kediri di putaran 8 besar Ligina tahun 2007 karena kecewa pada kepemimpinan wasit yang menganulir 3 gol Singo Edan,juga membuat Stadion Wilis Madiun rusak berat,tetapi orang maklum bahwa tindakan tersebut karena mereka dirugikan terlebih dahulu.Sekali lagi,ini bukan sekedar pandangan subyektif,tapi tengoklah banyak komentar orang di media massa,media elektronik,dan internet.Mereka memaklumi meski tak setuju bahwa apapun alasannya,kekerasan dan tindak anarkisme tidak boleh dilakukan.

Selain pria,Aremania juga terdiri dari suporter wanita yang populer dengan sebutan Aremanita.Konon merupakan "sayap" suporter perempuan yang terbesar di negeri ini.Lagi-lagi sebuah hal yang membanggakan bagi masyarakat Malang.

Bagi yang belum pernah ke kota Malang,datanglah kemari.Kita akan lihat betapa tulisan dan atribut Arema dan Aremania ada dimana-mana.Mural-mural berbau Singo Edan,pakaian suporter dalam berbagai bentuk dan desain dipakai oleh laki-laki dan perempuan dimana-mana.

Apalagi jika anda datang di hari pertandingan.Jalanan akan macet menjelang siang sekitar jam 11 sampai jam 3 sore.Lalu sepi dan kembali ramai pada saat Maghrib sampai Isya.Dimana-mana jalanan macet.Apalagi kalau Arema bertanding di Stadion Kanjuruhan.Ular-ularan suporter tak pernah putus berjam-jam.Suatu fenomena yang membuat orang-orang menggeleng-gelengkan kepala,terutama para pendatang baru atau kebetulan sedang berada di wilayah Malang Raya untuk suatu keperluan.

Lebih dahsyat lagi atmosfer di dalam stadion.Berpuluh ribu orang bernyanyi dan bergoyang bernyanyi di bawah komando Yuli Sumpil dengan iringan beberapa jenis drum yang mengiringi dengan rancak.Maka,engkau akan merinding layaknya orang-orang di stadion.Mereka yang tinggal di Malang dan sering menyaksikan Singo Edan bermain saja masih sering merinding melihat gerakan ritmis dengan suara nan menggetarkan itu,apalagi bagi yang baru pertama kali menyaksikannya.Tidak berlebihan,sebab dedengkot Macz Man-suporter PSM Makassar-,Daeng Uki,serta beberapa pentolan The Jakmania dan Paoepati menyatakan hal yang serupa.
Mantan pelatih Arema dan pelatih tim nasional Indonesia di era pertengahan 90-an,Henk Wullems,pernah berkata bahwa menyaksikan Aremania beraksi mengingatkannya akan atmosfir stadion di Eropa(kebetulan ia seorang warga Belanda).Ia juga berkata,hanya Tambaksari dan Gajayana(waktu itu belum ada Kanjuruhan)-lah stadion di Indonesia yang bisa merindingkan bulu romanya.

Saya pribadi mengatakan begini,semua kelompok suporter memang kompak dalam bernyanyi dan bergoyang layaknya Aremania.Tetapi ada satu yang membedakannya,aura.Seorang teman berkata beberapa waktu yang lalu,Aremania berbeda karena ada "soul" atau jiwa dalam bernyanyi.Ya,sesuatu yang sulit dilukiskan dengan kata-kata.Saya merasakan hal serupa ada pada Pasoepati masa Pelita Solo masih ada,The Jakmania pada saat awal,dan Bonek pada pertengahan 90-an.Sesuatu yang gagal dipertahankan oleh kelompok-kelompok suporter tersebut masih ada dan selalu terjaga pada tiap-tiap Aremania.Soul...Aura...

Mungkin anda kira saya terlalu berlebuhan dan terlalu subyektif.Tak mengapa,mungkin anda belum pernah menyaksikan langsung.Oke,mungkin anda bisa menyaksikan aksi mereka lewat rekaman video.Cari saja di Youtube.Atau buka di, satujiwa.multiply.com
Terima kasih....